ULANGAN
AKHIR SEMESTER
MADRASAH
MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2013 / 2014
Mata Pelajaran: Ilmu Keguruan
Hari/Tanggal : Sabtu/ 14
Desember 2013
Kelas : V
IPA/IPS/MAK
Waktu : 07.30-09.00
Pengampu : Dedik Fatkul
Anwar
PETUNJUK UMUM :
1.
Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
2.
Tulis
nama, nomor dan kelas pada kolom yang telah tersedia pada lembar jawab.
3.
Bacalah dengan teliti soal yang akan anda kerjakan.
4.
Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang tidak jelas.
5.
Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan pada pengawas.
6.
Kerjakan dengan percaya diri, jujur dan tekun.
بسم الله الرحمن الرحيم
A.
Pilihan
Ganda
1.
Dalam
pendidikan ada tiga ranah potensi dasar manusia yang harus di optimalkan, jika
hanya aktivitas otak yang menjadi fokus utama guru dalam kegiatan pembelajaran,
maka dalam hal ini aspek apa yang ditekankan oleh guru...
a.
Aspek afektif
b.
Aspek
psikomotorik
c.
Aspek kognitif
d.
Aspek
spiritualitas
e.
Aspek
emosionalitas
2.
Sedangkan ranah
yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah
seseorang menerima pengalaman belajar tertentu, disebut aspek....
a.
Aspek kognitif
b.
Aspek afektif
c.
Aspek
psikomotorik
d.
Aspek
spiritualitas
e.
Aspek
emosionalitas
3.
Berikut ini
yang termasuk tiga ranah potensi dasar manusia yang harus dikembangkan dalam
pendidikan, yaitu....
a.
Intelektualitas,
kognitif, dan head
b.
Psikomotorik,
afektif, dan kognitif
c.
Afektif,
emosionalitas, dan heart
d.
Psikomotorik,
spiritualitas, dan hand
e.
Kognitif,
afektif, dan heart
4. Kegiatan
mobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik secara terarah untuk
mencapai tujuan pendidikan disebut:
a.
Perencanaan pendidikan
b.
Proses pendidikan
c.
Evaluasi pendidikan
d.
Pembentukan pendidikan
e.
Pergerakan pendidikan
5.
Pendidikan
menjadi penting bagi kehidupan karena di dalamnya terjadi proses transfer:
a.
Nilai
b.
Pengetahuan
c.
Keterampilan
d.
Data
e.
Uang
6.
Yang
mengartikan pendidikan sebagai upaya pengembangan kapasitas individu secara
optimal adalah sudut pandang:
a.
Psikologis
b.
Sosiologis
c.
Antropologis
d.
Ekonomis
e.
Politik
7.
Memperlihatkan
sesuatu kepada seseorang melalui tanda atau simbol’ adalah makna dari:
a.
Teach
b.
Token
c.
Touch
d.
Tought
e.
Thought
8.
Proses berasal
dari bahasa latin processus yang memiliki arti...
a.
Berkelanjutan
b.
Melangkah maju
c.
Terus menerus
d.
Berjalan
kedepan
e.
Berkelanjutan
9.
Perubahan
perilaku dalam sebuah proses belajar terwujud dalam...
a.
Kuat, sehat,
pandai
b.
Hemat, rajin,
kaya
c.
Kuat, kaya,
trampil
d.
Kebiasaan,
ketrampilan, sikap
e.
Sikap, hemat,
kuat
10. Conficius, dalam konteks teori belajar, ia mengemukakan bahwa...
a.
Pembelajaran
harus melibatkan peran guru
b.
Guru harus
menjadi sumber pengetahuan bagi anak didik
c.
Siswa juga
memiliki potensi untuk menjadi sumber pengetahuan
d.
Pembelajaran
yang hanya mengandalkan aspek pendengaran maka ia akan mudah lupa
e.
Belajar harus
bersunggung-sungguh untuk mencapai tujuan maksimal
11. Dibawah ini merupakan faktor internal yang mempengaruhi belajar
seseorang, kecuali...
a.
Faktor jasmani
b.
Faktor
psikologi
c.
Faktor
kelelahan
d.
Faktor orang
tua
e.
Faktor
intelegensi
12. Faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat termasuk faktor yang
memperngaruhi belajar dari aspek....
a.
Internal
b.
Internal dan
eksternal
c.
Psikologi
d.
Eksternal
e.
intelegensi
13. Serangkaian
aktifitas yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar oleh peserta
didik adalah pengertian dari....
a.
Belajar
b.
Mengajar
c.
Pembelajaran
d.
Pengajaran
e.
Pendidikan
14. Yang
bukan merupakan prinsip pembelajaran adalah:
a.
Frekuensi kontak antara guru dengan
siswa
b.
Kemudahan materi pembelajaran
c.
Meningkatkan kerjasama antar siswa
d.
Memberi kesempatan umpan balik
e.
Waktu yang realistis
15. Respect diverse talents and ways of learning adalah salah
satu prinsip pembelajaran. Artinya adalah:
a.
Menghargai bakat dan cara belajar
yang berbeda
b.
Memberi kesempatan umpan balik
c.
Kemudahan materi pembelajaran
d.
Waktu yang realistis
e.
Menyampaikan target capaian tinggi
16. Yang
mengemukakan bahwa otak manusia bekerja dengan prinsip hubungan fungsional
konsep-konsep adalah:
a.
Howard Gardner
b.
Tony Buzan
c.
Daniel Goleman
d.
Taufik Pasiak
e.
Ary Ginanjar
17. Prinsip
tersebut kemudian dikembangkan untuk model belajar:
a.
Kecerdasan ganda
b.
Peta pikiran
c.
Kecerdasan majemuk
d.
Kebermaknaan belajar
e.
Pembelajaran aktif
18. Yang
mengemukakan tentang dua kecerdasan yang berbeda dari otak kiri dan otak kanan
adalah:
a.
Tony Buzan
b.
Howard Gardner
c.
Daniel Goleman
d.
Taufik Pasiak
e.
Ary Ginanjar
19. Termasuk
dalam wilayah kecerdasan otak kiri (intelektual) adalah:
a.
Musik
b.
Ruang spasial
c.
Emosi
d.
Linier
e.
Kesadaran diri
20. Sedang
yang termasuk wilayah kecerdasan otak kanan (emosional):
a.
Rasional
b.
Logis
c.
Verbal
d.
Simbol
e.
Intuisi
21. Pencetus
kecerdasan majemuk adalah:
a.
Tony Buzan
b.
Taufik Pasiak
c.
Ary Ginanjar
d.
Daniel Goleman
e.
Howard Gardner
22. Pembelajaran
yang sekedar mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dan siswa lebih banyak
sebagai penerima merupakan model pendekatan pembelajaran yang:
a.
Student centered approach
b.
Family centered approach
c.
Friend centered approach
d.
Natural centered approach
e.
Teacher centered approach
23. Cara
belajar dengan tingkat kebermaknaan paling tinggi adalah:
a.
Mendengar
b.
Melihat
c.
Mendengar-melihat
d.
Mengatakan-mengomunikasikan
e.
Melakukan-mengomunikasikan
24. Hari
guru nasional diperingati pada tanggal :
a.
25 Agustus
b.
25 September
c.
25 Oktober
d.
25 November
e.
25 Desember
25. Kemampuan
terkait pemahaman tentang peserta didik dan penyelenggaraan pembelajaran secara
mendalam, termasuk kompetensi guru yang mana:
a.
Pedagogik
b.
Kepribadian
c.
Sosial
d.
Profesional
e.
Konstitusional
26. Adapun
yang paling penting dalam belajar adalah perubahan:
a.
Kognisi
b.
Perilaku
c.
Afeksi
d.
Psikomotor
e.
Watak
27. Dibawah
ini yang bukan termasuk kewajiban tugas profesional guru menurut UU. No
14 tahun 2005 adalah :
a.
Memelihara dan memupuk persatuan
bangsa
b.
Menjunjung tinggi peraturan
perundang-undangan
c.
Menjunjung nilai-nilai
kemasyarakatan
d.
Bertindak objektif dan tidak
diskriminatif
e.
Meningkatkan dan mengembangkan
kualifikasi akademik
28. UU
mensyaratkan bahwa seorang guru harus menguasai 4 kompetensi agar pembelajaran
bisa berjalan secara efektif, efisien, dan produktif, dibawah ini yang bukan
termasuk 4 kompetensi yang harus dikuasai guru adalah :
a.
Kompetensi keahlian
b.
Kompetensi pedagogik
c.
Kompetensi profesional
d.
Kompetensi sosial
e.
Kompetensi kepribadian
29. Termasuk
dalam kompetensi kepribadian guru kecuali:
a.
Emosi matang
b.
Kedewasaan berpikir
c.
Kecerdasan menyampaikan gagasan
d.
Kearifan
e.
Akhlak yang baik
30. Termasuk
dalam kompetensi sosial guru kecuali:
a.
Kemampuan berinteraksi
b.
Kemampuan berkomunikasi
c.
Mengenal hubungan kelembagaan yang
ada di sekitar
d.
Kemampuan bekerjasama
e.
Tehnik pengajaran
B.
Essay
1)
Jelaskan pengertian pendidikan!
2)
Jelaskan perbedaan antara mengajar dan pembelajaran!
3)
Jelaskan empat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru dibawah ini!
a. Kompetensi pedagogik
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi sosial
d. Kompetensi profesional
4)
Bagaimana guru ideal menurut anda? Dan apa yang harus dilakukan oleh
pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru?
5)
Apa pendapat anda tentang fenomena mencontek pada saat ujian? Kemudian
kaitkan dengan salah satu ayat yang mengatakan “fa innallaha bimaa
ta’maluuna khabiiraa” (maka sesungguhnya Allah adalah maha mengetahui apa
yang kamu kerjakan) !
... Selamat
mengerjakan, semoga sukses ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar