Sabtu, 21 Desember 2013

UAS kls 5



ULANGAN AKHIR SEMESTER
MADRASAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2013 / 2014
 


Mata Pelajaran: Ilmu Keguruan
Hari/Tanggal   : Sabtu/ 14 Desember 2013
Kelas               : V IPA/IPS/MAK
Waktu             : 07.30-09.00  

Pengampu       : Dedik Fatkul Anwar

 


PETUNJUK UMUM :
1.      Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
2.      Tulis nama,  nomor dan kelas pada kolom yang telah tersedia pada lembar jawab.
3.      Bacalah dengan teliti soal yang akan anda kerjakan.
4.      Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang tidak jelas.
5.      Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan pada pengawas.
6.      Kerjakan dengan percaya diri, jujur dan tekun.


بسم الله الرحمن الرحيم

A.    Pilihan Ganda
1.      Dalam pendidikan ada tiga ranah potensi dasar manusia yang harus di optimalkan, jika hanya aktivitas otak yang menjadi fokus utama guru dalam kegiatan pembelajaran, maka dalam hal ini aspek apa yang ditekankan oleh guru...
a.       Aspek afektif
b.      Aspek psikomotorik
c.       Aspek kognitif
d.      Aspek spiritualitas
e.       Aspek emosionalitas
2.      Sedangkan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu, disebut aspek....
a.       Aspek kognitif
b.      Aspek afektif
c.       Aspek psikomotorik
d.      Aspek spiritualitas
e.       Aspek emosionalitas
3.      Berikut ini yang termasuk tiga ranah potensi dasar manusia yang harus dikembangkan dalam pendidikan, yaitu....
a.       Intelektualitas, kognitif, dan head
b.      Psikomotorik, afektif, dan kognitif
c.       Afektif, emosionalitas, dan heart
d.      Psikomotorik, spiritualitas, dan hand
e.       Kognitif, afektif, dan heart
4.      Kegiatan mobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik secara terarah untuk mencapai tujuan pendidikan disebut:
a.       Perencanaan pendidikan
b.      Proses pendidikan
c.       Evaluasi pendidikan
d.      Pembentukan pendidikan
e.       Pergerakan pendidikan
5.      Pendidikan menjadi penting bagi kehidupan karena di dalamnya terjadi proses transfer:
a.       Nilai
b.      Pengetahuan
c.       Keterampilan
d.      Data
e.       Uang
6.      Yang mengartikan pendidikan sebagai upaya pengembangan kapasitas individu secara optimal adalah sudut pandang:
a.       Psikologis
b.      Sosiologis
c.       Antropologis
d.      Ekonomis
e.       Politik
7.      Memperlihatkan sesuatu kepada seseorang melalui tanda atau simbol’ adalah makna dari:
a.       Teach
b.      Token
c.       Touch
d.      Tought
e.       Thought
8.      Proses berasal dari bahasa latin processus yang memiliki arti...
a.        Berkelanjutan
b.       Melangkah maju
c.        Terus menerus
d.       Berjalan kedepan
e.        Berkelanjutan
9.      Perubahan perilaku dalam sebuah proses belajar terwujud dalam...
a.       Kuat, sehat, pandai
b.      Hemat, rajin, kaya
c.       Kuat, kaya, trampil
d.      Kebiasaan, ketrampilan, sikap
e.       Sikap, hemat, kuat
10.  Conficius, dalam konteks teori belajar, ia mengemukakan bahwa...
a.       Pembelajaran harus melibatkan peran guru
b.      Guru harus menjadi sumber pengetahuan bagi anak didik
c.       Siswa juga memiliki potensi untuk menjadi sumber pengetahuan
d.      Pembelajaran yang hanya mengandalkan aspek pendengaran maka ia akan mudah lupa
e.       Belajar harus bersunggung-sungguh untuk mencapai tujuan maksimal
11.  Dibawah ini merupakan faktor internal yang mempengaruhi belajar seseorang, kecuali...
a.       Faktor jasmani
b.      Faktor psikologi
c.       Faktor kelelahan
d.      Faktor orang tua
e.       Faktor intelegensi
12.  Faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat termasuk faktor yang memperngaruhi belajar dari aspek....
a.       Internal
b.      Internal dan eksternal
c.       Psikologi
d.      Eksternal
e.       intelegensi
13.  Serangkaian aktifitas yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar oleh peserta didik adalah pengertian dari....
a.       Belajar
b.      Mengajar
c.       Pembelajaran
d.      Pengajaran
e.       Pendidikan
14.  Yang bukan merupakan prinsip pembelajaran adalah:
a.       Frekuensi kontak antara guru dengan siswa
b.      Kemudahan materi pembelajaran
c.       Meningkatkan kerjasama antar siswa
d.      Memberi kesempatan umpan balik
e.       Waktu yang realistis
15.  Respect diverse talents and ways of learning adalah salah satu prinsip pembelajaran. Artinya adalah:
a.       Menghargai bakat dan cara belajar yang berbeda
b.      Memberi kesempatan umpan balik
c.       Kemudahan materi pembelajaran
d.      Waktu yang realistis
e.       Menyampaikan target capaian tinggi
16.  Yang mengemukakan bahwa otak manusia bekerja dengan prinsip hubungan fungsional konsep-konsep adalah:
a.       Howard Gardner
b.      Tony Buzan
c.       Daniel Goleman
d.      Taufik Pasiak
e.       Ary Ginanjar
17.  Prinsip tersebut kemudian dikembangkan untuk model belajar:
a.       Kecerdasan ganda
b.      Peta pikiran
c.       Kecerdasan majemuk
d.      Kebermaknaan belajar
e.       Pembelajaran aktif
18.  Yang mengemukakan tentang dua kecerdasan yang berbeda dari otak kiri dan otak kanan adalah:
a.       Tony Buzan
b.      Howard Gardner
c.       Daniel Goleman
d.      Taufik Pasiak
e.       Ary Ginanjar
19.  Termasuk dalam wilayah kecerdasan otak kiri (intelektual) adalah:
a.       Musik
b.      Ruang spasial
c.       Emosi
d.      Linier
e.       Kesadaran diri
20.  Sedang yang termasuk wilayah kecerdasan otak kanan (emosional):
a.       Rasional
b.      Logis
c.       Verbal
d.      Simbol
e.       Intuisi
21.  Pencetus kecerdasan majemuk adalah:
a.       Tony Buzan
b.      Taufik Pasiak
c.       Ary Ginanjar
d.      Daniel Goleman
e.       Howard Gardner
22.  Pembelajaran yang sekedar mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dan siswa lebih banyak sebagai penerima merupakan model pendekatan pembelajaran yang:
a.       Student centered approach
b.      Family centered approach
c.       Friend centered approach
d.      Natural centered approach
e.       Teacher centered approach
23.  Cara belajar dengan tingkat kebermaknaan paling tinggi adalah:
a.       Mendengar
b.      Melihat
c.       Mendengar-melihat
d.      Mengatakan-mengomunikasikan
e.       Melakukan-mengomunikasikan
24.  Hari guru nasional diperingati pada tanggal :
a.       25 Agustus
b.      25 September
c.       25 Oktober
d.      25 November
e.       25 Desember
25.  Kemampuan terkait pemahaman tentang peserta didik dan penyelenggaraan pembelajaran secara mendalam, termasuk kompetensi guru yang mana:
a.       Pedagogik
b.      Kepribadian
c.       Sosial
d.      Profesional
e.       Konstitusional
26.  Adapun yang paling penting dalam belajar adalah perubahan:
a.       Kognisi
b.      Perilaku
c.       Afeksi
d.      Psikomotor
e.       Watak
27.  Dibawah ini yang bukan termasuk kewajiban tugas profesional guru menurut UU. No 14 tahun 2005 adalah :
a.         Memelihara dan memupuk persatuan bangsa
b.        Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan
c.         Menjunjung nilai-nilai kemasyarakatan
d.        Bertindak objektif dan tidak diskriminatif
e.         Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik
28.  UU mensyaratkan bahwa seorang guru harus menguasai 4 kompetensi agar pembelajaran bisa berjalan secara efektif, efisien, dan produktif, dibawah ini yang bukan termasuk 4 kompetensi yang harus dikuasai guru adalah :
a.         Kompetensi keahlian
b.        Kompetensi pedagogik
c.         Kompetensi profesional
d.        Kompetensi sosial
e.         Kompetensi kepribadian
29.  Termasuk dalam kompetensi kepribadian guru kecuali:
a.       Emosi matang
b.      Kedewasaan berpikir
c.       Kecerdasan menyampaikan gagasan
d.      Kearifan
e.       Akhlak yang baik
30.  Termasuk dalam kompetensi sosial guru kecuali:
a.       Kemampuan berinteraksi
b.      Kemampuan berkomunikasi
c.       Mengenal hubungan kelembagaan yang ada di sekitar
d.      Kemampuan bekerjasama
e.       Tehnik pengajaran

B.     Essay
1)    Jelaskan pengertian pendidikan!
2)    Jelaskan perbedaan antara mengajar dan pembelajaran!
3)    Jelaskan empat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru dibawah ini!
a.       Kompetensi pedagogik
b.      Kompetensi kepribadian
c.       Kompetensi sosial
d.      Kompetensi profesional
4)    Bagaimana guru ideal menurut anda? Dan apa yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru?
5)    Apa pendapat anda tentang fenomena mencontek pada saat ujian? Kemudian kaitkan dengan salah satu ayat yang mengatakan “fa innallaha bimaa ta’maluuna khabiiraa” (maka sesungguhnya Allah adalah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan) !





... Selamat mengerjakan, semoga sukses ...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar