Minggu, 16 Desember 2012

Contoh : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah          : MTs N Bantul
Mata pelajaran             : Fiqih
Kelas / Semester          : IX/ I
Pertemuan Ke-            : II (kedua)
Waktu                         : 2X 40 Menit

 I.      Standar Kompetensi
Memahami jual beli menurut syariat Islam
II.      Kompetansi dasar          
1.      Menjelaskan ketentuan-ketentuan Jual beli
2.      Menunjukan dalil Naqli tentang jual beli
III.      Indikator
1.      Siswa dapat Menjelaskan bentuk jual beli yang terlarang
2.      Siswa dapat Menjelaskan bentuk- bentuk jual beli yang sah terlarang
3.      Siswa dapat melaksanakan jual beli yang benar
4.      Siswa dapat menjelaskan hikmah jual beli
IV.      Materi Pokok
1.      Materi Pokok
JUAL BELI
2.      Uraian Materi
A.    Bentuk- bentuk jual beli yang dilarang
1.      Jual beli terlarang karena kurang syarat rukun.
Yang termasuk jual beli terlarang tersebut adalah:
a)      Jual beli system ijon: jual beli yang belum masa panen. Contoh: ikan yang masih ditambak, mangga baru berbunga, dsb.
b)      Jual beli anak binatang ternak yang masih dikandungan.
c)      Jual beli sperma hewan.
d)     Jual beli barangt yang belum dimiliki.
2        Jual beli sah tapi terlarang.
a)      Jual beli pada waktu khutbah atau shalat jumat.
b)      Jual beli dengan niat menimbun barang
c)      Jual beli tidak mengetahui harga pasar
d)     Jual beli masih dalam tawaran orang lain
e)      Jual beli dengan memainkan timbangan atau ukuran
f)       Jual beli barang untuk kemaksiatan
B.     Hikmah Jual Beli
1.      Bernilai social tolong- menolong terhadap sesame
2.      Merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan halalnya barang yang kita makan.
3.      Jual beli merupakan cara memberantas kemalasan, pengangguran, dan rangkaian.
4.      Dapat menjalin silaturrahmi dan persahabatan.
V.      Metode Pembelajaran     : Interactive lecturing, card sord, information search
VI.   Langkah-langkah pembelajaran :
No
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Strategi
1
Kegiatan awal
a.       Mengkondisikan kelas: salam dan doa
b.      Melakukan apersepsi: menghubungkan materi yang akan disampaikan dengan materi sebelumnya.
c.       Pre- test: memancing opini siswa untuk berpendapat.
d.      Menjelaskan sekilas tentang materi yang akan disampaikan.

Lecturing
2
Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan materi kapada siswa
b.      Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk menanyakan materi tang belum dipahami.
c.       Guru membagikan kartu (yang berisi pertanyaan) kepada siswa secara acak.
d.      Guru meminta siswa yang mendapatkan kartu untuk membacakan pertanyaan dan menunjuk siswa lain untuk menjawabnya, begitu seterusnya.

·         Interactive lecturing
·         Information search
·         Card sord
3
Kegiatan akhir
a.       Refleksi: Guru memberi pengutan dari materi yang sudah dijelaskan.
b.      Post- test: Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dari hasil kegiatan mengajar.
c.       Memberi tugas/ pekerjaan rumah.

Resitasi

VII.    Alat dan Sumber Belajar   :    
1.      Alat
Handout, whiteboard, Spidol, Kertas HVS
2.      Sumber
LKS Al Huda, Fiqih untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas IX, Surakarta: CV. Pratama
Abyan Amir, 1997, Fiqh Madrasah Tsanawiyah untuk kelas 2, Semarang: PT Karya Toha Putra
Mel Silberman,2005,  Active Learning, Yogyakarta, YAPENDIS,
VIII.   Penilaian
1.      Penampilan/ performance: keaktifan siswa dalam berpendapat baik individual maupun kelompok tentang materi yang diajarkan dan sikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
2.      Penugasan: pekerjaan rumah ataupun produk.
3.      Tes tulis
Pertanyaan:
a)            Sebutkan bentuk- bentuk jual beli yang terlarang beserta contohnya?
b)            Mengapa jual beli dengan memainkan takaran/ timbangan dilarang?
c)            Sebutkan hikmah jual beli?
Jawaban:
a)            Bentuk- bentuk jual beli yang dilarang
1.      Jual beli terlarang karena kurang syarat rukun.
·         Jual beli system ijon: jual beli yang belum masa panen. Contoh: ikan yang masih ditambak, mangga baru berbunga, dsb.
·         Jual beli anak binatang ternak yang masih dikandungan.
·         Jual beli sperma hewan.
·         Jual beli barangt yang belum dimiliki.
2.      Jual beli sah tapi terlarang.
·         Jual beli pada waktu khutbah atau shalat jumat.
·         Jual beli dengan niat menimbun barang
·         Jual beli tidak mengetahui harga pasar
·          Jual beli masih dalam tawaran orang lain
·          Jual beli dengan memainkan timbangan atau ukuran
·          Jual beli barang untuk kemaksiatan
b)            Karena kan merugikan salah satu pihak.
c)            Hikmah Jual Beli
·         Bernilai social tolong- menolong terhadap sesame
·         Merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan halalnya barang yang kita makan.
·         Jual beli merupakan cara memberantas kemalasan, pengangguran, dan rangkaian.
·         Dapat menjalin silaturrahmi dan persahabatan.
                                                                                  Bantul, ............
Mengetahi,
Guru pembimbing                                                        Mahasiswa praktikan


Dra. Ida Zusnani                                                           Dedik Fatkul Anwar
NIP. 150252660                                                           NIM. 06410103

1 komentar:

  1. terimakasih banyak bos ,,, kunjungi balik ya, ini mantap blog nya... srius, simpel

    BalasHapus